Connect with us

Teknologi

Begini Cara Mengunci Aplikasi Hp OPPO Agar Privasi Terjaga

Published

on

Cara Mengunci Aplikasi Hp OPPO Agar Privasi Terjaga

Cara mengunci aplikasi hp OPPO sangat dibutuhkan untuk menjaga privasi. Apalagi aplikasi yang tergolong aktif seperti WhatsApp, Telegram, dan media sosial lainnya. Berkat kemajuan teknologi, sekarang pengguna Android termasuk OPPO dapat mengunci aplikasi sehingga tidak dapat dilihat orang.

Hanya diri sendiri yang dapat membuka aplikasinya, karena sudah dilengkapi PIN atau pola khusus. Sehingga pemakaian smartphone menjadi lebih nyaman dan tidak perlu khawatir akan terganggu privasinya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengunci aplikasi, dapat disimak dalam pembahasan ini:

Mengakses Menu Pengaturan

Cara mengunci aplikasi hp OPPO sebenarnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan menu pengaturan. Semua hp tentunya memiliki menu ini, karena bermanfaat untuk mengatur berbagai hal dalam perangkatnya.

Bagi pengguna yang tidak ingin mengunduh apps tambahan, maka bisa memakai menu ini. Berikut langkah-langkah untuk mengunci apps melalui pengaturan OPPO:

  • Akses menu pengaturan di OPPO masing-masing.
  • Dari berbagai sub menu yang tersedia, cari nama “Kunci aplikasi”.
  • Akan tampil daftar aplikasi yang terdapat dalam perangkat. Berikutnya pengguna dapat memilih apps mana saja yang ingin dikunci. Klik aplikasinya, lalu aktifkan pengunci aplikasi dengan menggeser lingkaran sehingga menjadi berwarna hijau.
  • Jika ingin menutupi tampilan apps ini dari orang lain, bisa klik opsi “Sembunyikan aplikasi layar depan” yang berlogo mata. Dengan begitu, pengguna sudah berhasil mengunci sekaligus menutupi logo apps tersebut dari orang lain.
  • Buat kode akses yang mengandung kombinasi huruf serta simbol, misalnya *8888# lalu tekan “Selesai”. Catat kodenya agar tidak lupa.
  • Apabila ingin mengakses aplikasinya, pengguna bisa dial up dengan mengetikkan kode yang sudah dibuat tadi. Otomatis aplikasi tersembunyi akan terlihat dan bisa digunakan seperti biasanya.

Baca Juga : Download Lagu Mp3 Terbaik di Situs Downloadlagu321

Memakai Aplikasi Bawaan

Di bagian sebelumnya dijelaskan mengenai cara mengunci aplikasi hp OPPO melalui pengaturan. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa OPPO juga memiliki aplikasi bawaan yang memiliki fungsi untuk menjaga keamanan apps terinstal.

Semua pengguna OPPO sebenarnya memiliki apps ini, hanya saja namanya sedikit berbeda antara OPPO keluaran lama dan baru. Berikut adalah penjelasan mengenai bagaimana cara penggunaannya:

1. OPPO Tipe Lama

Cara yang pertama ini berlaku bagi OPPO tipe lama. Aplikasi yang dimaksud adalah Security Center. Apps bawaan ini membantu penggunanya mengatur privasi. Contohnya mengunci beberapa apps sehingga orang lain tidak bisa sembarangan membukanya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Cari “Security center” pada perangkat.
  • Setelah membukanya, cari “App encrypt” lalu klik. Geser slide untuk menyalakan “App encrypt”.
  • Ketuk “Pattern encrypt” maupun “Password encrypt” untuk membuat sandinya.
  • Pilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci. Nyalakan “Enable” di aplikasi tersebut, kemudian ketikkan sandi atau pola yang sebelumnya sudah dibuat.

2. OPPO Tipe Baru

Jika OPPO lama memakai Security Center, maka pengguna OPPO versi baru bisa memakai Phone Manager. Aplikasi ini dapat menjaga privasi pengguna dengan mengunci aplikasi dengan bantuan PIN. Caranya pun cukup mudah, yakni:

  • Buka aplikasi “Phone manager” di OPPO.
  • Carilah opsi “Privacy permissions”, dilanjutkan dengan “App lock”.
  • Tentukan aplikasi yang akan dikunci, sehingga memerlukan sandi khusus sebelum mengaksesnya.
  • Tekan “Enable encryption” pada aplikasi yang dipilih. Ketikkan PIN untuk mengunci aplikasinya.
  • Proses penguncian sudah selesai, otomatis apps yang sudah diberikan PIN hanya bisa dibuka oleh pemiliknya.

Itulah informasi seputar cara mengunci aplikasi hp OPPO, baik dengan menu pengaturan maupun aplikasi bawaan. Cara manapun yang dipilih, semuanya bisa berfungsi dengan baik dan terbukti dapat menghilangkan objek. Berbagai cara berkaitan dengan media sosial juga bisa dilihat di majalah ponsel.

Continue Reading

Teknologi

Tutorial Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Script

Published

on

By

Bagaimana cara mempercepat loading blog dengan script?. Yuk cari tahu jawabannya!

Kali ini saya akan memberikan cara untuk mempercepat loading blog dengan script bagi website kalian. Dalam dunia blogging loading dalam blog tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas website atau blog kalian. Karena blog yang dapat membuat pengunjung dapat merasakan senang dan betah saat berada di dalam blog yang kalian optimasi tersebut.

Terdapat banyak faktor yang memberi pengaruh buruk dalam kecepatan loading blog kalian, contohnya seperti menghapus widget yang sekiranya tidak terlalu diperlukan, kompres html, dan dapat juga dengan menggunakan script seperti yang akan diberikan dalam artikel ini.

Yang perlu kalian ketahui adalah tidak melulu pengunjung blog memiliki kecepatan loading internet bagus. Maka kalian harus mencari tahu bagaimana cara mempercepat loading blog yang cepat. Berikut ini adalah cara mempercepat loading blog dengan script.

Daftar Isi

Mengapa Kecepatan Loading Sangat Penting bagi Blog?

Kalian pasti sangat sering membuka banyak blog atau website bukan? Bagaimana jika kalian mengunjungi website atau blog yang sangat lama dengan waktu lebih dari lima detik? Apa kalian akan menunggu loading blog yang lama tersebut? Jika ya, kalian pasti termasuk kedalam orang yang sangat sabar.

Menurut data yang saya baca dari berbagai jenis sumber terpercaya, ada sekitar 40% pengunjung website akan meninggalkan website tersebut jika memiliki loading page lebih dari 3 sampai 5 detik. Jika seperti itu kenyataannya, apakah kalian ingin mempertahankan blog yang memiliki loading dengan speed yang lambat? Berikut adalah alasan utama mengapa waktu loading page menjadi faktor yang penting pada sebuah website:

  1. Berpengaruh dalam peringkat di mesin pencarian ( SERP ). Kecepatan loading sendiri diketahui adalah salah satu faktor ranking Google.
  2. Memberikan pengaruh dalam trafik website
  3. Memberikan dampak buruk dalam nilai SEO blog kalian.

Sebagai orang yang memiliki blog, kalian wajib memelihara performa website kalian demi kenyamanan bagi seluruh pengunjung. Salah satu caranya adalah dengan cek kecepatan website secara berkala dengan berbagai macam tools gratis yang dapat kalian gunakan dengan mudah.

Faktor Penyebab Blog Lambat

Sebelum membahas mengenai cara mempercepat loading blog dengan script, sebaiknya kalian juga mengetahui penyebab utama lamanya loading blog. 

Melansir informasi dari perbincangan tim Kevin Zengchu dengan Endar Julian, author dari kontenseru.com dan juga praktisi SEO di Jasa SEO Garuda, disebutkan terdapat beberapa penyebab utama lamanya loading blog, yaitu meliputi:

  • Tema Blog yang Berat.
  • Jumlah ikan yang terlalu banyak.
  • Tidak mengoptimasi ukuran gambar (gambar tidak dikompres).
  • Menggunakan terlalu banyak widget.

Rahasia Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Script

Sumber gambar; pixabay.com/jamesmarkosborne

Penasaran dengan seberapa cepat website atau blog yang kalian optimasi tersebut untuk dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung? Kalian dapat mencoba test melalui tools gratis webpagetest dan terdapat tools gratis lainnya yang sangat sering digunakan oleh para blogger.

Berikut ini adalah trik untuk mempercepat loading blog dengan script yang dapat kalian coba untuk mendapatkan nilai bagus dalam kecepatan blog.

  1. Masuk kedalam Blog yang kalian miliki
  2. Setelah berhasil masuk, kalian dapat memilih menu Template
  3. Lalu klik Edit HTML
  4. Cari kode dengan format </head> dengan cara cepat menggunakan CTRL + F
  5. Jika sudah berhasil menemukannya, kalian dapat langsung melakukan copy + paste format kode yang diberikan dibawah ini ( Pastikan kalian melakukan copy format kode yang saya berikan ini dibagian bawah </head>
<script charset='utf-8' src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.0/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://amronbadriza.googlecode.com/files/Lazyload%20Script.js' type='text/javascript'/>
<script>
$(function() {
$(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder : &quot;http://3.bp.blogspot.com/-GbM7bUOC9UQ/UDJcRvpI1PI/AAAAAAAAAPA/AK_8K93XpHc/s1600/loading.png&quot;,threshold : 200});
});
</script>
  1. Simpan format kode yang sudah kalian masukkan tersebut.
  2. Lalu silahkan cek kecepatan blog kalian melalui Web Page Test.

Catatan : Jika kalian tidak memberikan perubahan setelah dipasangkan dengan format kode diatas, silahkan kalian hapus kembali script yang telah kalian simpan sebelumnya.

Itulah sedikit ulasan dari saya mengenai cara mempercepat loading blog dengan script. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian, para blogger. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya seputar optimasi SEO lainnya dari saya, mulai dari cara membuat backlink, membuat artikel yang memenuhi standar SEO hingga optimasi Google Maps.

Continue Reading

Trending